Pura Goa Lawah




Pura Goa Lawah merupakan suatu tempat yang diyakini oleh umat Hindu di Bali sebagai kawasan yang suci dan indah. Di pura ini dihuni oleh ribuan kelelawar, itulah sebabnya mengapa pura ini dinamakan Goa Lawah karena kata "Lawah" itu sendiri artinya Kelelawar. Jika anda berkunjung di tempat ini, maka kalian akan mendapati ribuan kelelawar disertai dengan suara gemuruh yang tiada henti, suara ini akan senangtiasa didengar pagi, siang apalagi malam. Didalam mulut goa terdapat beberapa bangunan sebagai tempat pemujaan, tidak hanya di situ saja di area pura juga terdapat banyak tempat pemujaan.



Mengenai sejarah bangunan Pura Goa Lawah masih simpang siur, apalagi pura ini termasuk bangunan yang sangat tua, namun menurut para peneliti sejarah kalau pura ini dibangun pada abad ke 11 atas gagasan dari Mpu Kuturan. Hal ini semakin diperkuat dengan disebutnya Pura Goa Lawah dalam lontar Mpu Kuturan sebagaimana dihimpun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Klungkung.



 

Di pura ini sering diadakan upacara-upacara keagamaan, diantaranya adalah upacara Nyekah dan Memukur (Meliga). Selain itu ada lagi upacara besar yang diadakan setiap enam bulan sekali, berdasarkan penanggalan Bali disebut hari Anggarkasih Medangsia. Pura Goa Lawah termasuk enam bagian pura yang sangat penting di Bali, lima diantaranya adalah Batukaru, Lempuyang, Seleyukti, Uluwatu, dan Andakasa.


Lokasi Pura Goa Lawah

Terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jaraknya kurang lebih 10 km ke arah timur kota Klungkung. Kalau dari Bandar Udara Ngurah Rai dapat ditempuh sekitar satu setengah jam. Pemandangan disekitar pura cukup menarik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung-pengunjung yang datang. Pura Goa Lawah menjadi objek wisata di Bali yang ramai dikunjungi. Di sepanjang jalan saat menuju ketempat ini, terdapat banyak warung-warung makan yang menawarkan menu dari ikan laut, seperti pepes ikan, sup ikan, ikan bakar, lengkap dengan sambal khas Bali serta sayur dan juga nasi, ditambah lagi dengan segelas es kelapa muda segar. 

 Sumber: Wisata Hotel Bali

Previous
Next Post »